News  

Bagai mana cara DC atau Matel bisa tahu kendaraan yang nunggak atau bermasalah

Lintas Media – Mata elang (matel)  atau Debt Collector (DC)  bukan menggunakan tumpukan kertas lagi untuk mengetahui motor yang sedang kredit macet.

Kini debt collector atau mata elang menggunakan teknik yang lebih gampang dan tidak perlu bawa kertas kemana-mana.

Untuk tahu bagaimana cara debt collector mengetahui motor yang sedang kredit macet, Debt Collector ( DC) atau Mata Elang yang bernama Alex Peter menjelaskan bagaimana bisa tahu motor atau mobil di jalanan itu sedang menunggak kredit.

“Sebenarnya ada aplikasinya,kami bisa mengetahui kendaraan itu bermasalah atau tidak cukup dengan menggunakan aplikasi yang sekarang ini sudah bisa online.
Sekitar masuk tahun 2019 sudah ada data aplikasi online. Kamu cukup dengan memvayar Rp 100 sudah bisa pegang datanya,” jelas Peter.

“Jadi ketika ada mobil atau motor lewat kita klik aplikasinya di handphone,kita masukan nomor polisi kendaraan tersebut, kalo memang masih ada tunggakan di aplikasi akan keluar,” lanjut Peter.

“Itu disitu datanya sudah lengkap nomor mesin nomor rangka dan merek,” jelas Pieter lebih detail.

Jadi, kerja debt collector ini bukan hanya mengejar salah satu debitur.
Kerja mata elang ini acak saja, yang kebetulan lewat di sana akan diklik untuk dicek di aplikasi.

“Kalo yang kejar ke rumah, itu bagian yang follow up yang ke rumah.
Kalo kita mata elang klik saja, siapa pun yang lewat kalo bermasalah pasti keluar,” ungkap Peter.

Ketika ditanya tindakan apa yang paling keras terhadap debitur yang masalah Peter menjawab tidak pernah melakukannya.
Kalau debitur tidak mau keluar dari mobil, “Kita cari pospol atau polres terdekat kita laporan dan biar dibantu juga sama Polsek dan sering kita giring juga ke polsek,maksudnya menghindari keributan dan cari aman,” pungkas Peter.

Pendapatan menjadi DC atau Matel ini bisa mencapai 1 juta sampai dengan 1.5 juta per unit kendaraan, mungkin harga ini sebanding dengan resiko yang di hadapi oleh mereka.

Dalam bertugas, DC resmi akan dibekali surat tugas dan surat penarikan kendaraan dari perusahaan yang mengelola para DC atau Matel ini.

Penulis: Fajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.