Ekobis  

Beragam Manfaat Telur Bebek Asin Bagi Kesehatan dan Imunitas Tubuh

LINTAS MEDIA,Tasikmalaya – Selain sebagai teman makan, manfaat telur asin untuk kesehatan sangat banyak telur asin juga ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh serta meningkatkan imunitas tubuh.

Secara umum telur asin dibuat dari telur bebek yang tekstur lebih kenyal dan memberikan cita rasa yang lezat saat kamu santap. Tidak hanya itu saja, telur asin juga kaya akan kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh.


Kandungan lainnya yang dimiliki oleh telur asin diantaranya berupa vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, potasium, protein, lemak, mineral, asam amino, sampai karbohidrat. Kesemua kandungan itulah yang penting untuk tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat telur asin untuk kesehatan :

1. Mencegah Anemia

Manfaat telur asin yang pertama bagi kesehatan bisa untuk mencegah penyakit anemia. Kondisi ini bisa terjadi karena kurangnya asupan zat besi di tubuhmu. Oleh karena itu, untuk mengatasinya bisa dengan mengonsumsi telur asin yang menyimpan kandungan zat besi. Gejala yang muncul biasanya berupa mudah lelah, pusing, dan mual saat melakukan kegiatan.

Selain itu, telur asin juga mengandung antioksidan yang bisa melawan serangan radikal bebas di tubuh. Dengan mengonsumsi telur asin, maka kamu pun tidak akan mudah terserang penyakit.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat telur asin yang tak kalah hebat adalah bisa mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini karena adanya kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan serta mempertahankan tekanan darah agar tetap normal. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari penyakit stroke dan jantung.

Selain itu, kandungan proteinnya juga bisa untuk menurunkan tekanan darah pada dinding arteri yang sekaligus akan mengatasi penyakit hipertensi. Pastikan kamu mengonsumsi telur asin ecukupnya saja dan tidak berlebihan.

3. Membantu Proses Regenerasi Sel

Manfaat telur asin bisa membantu dalam proses regenerasi sel. Kandungan protein yang tinggi di dalam telur asinlah yang memiliki peran penting pada manfaat yang satu ini.

Regenerasi sel sendiri adalah suatu proses pergantian jaringan yang telah rusak. Saat di usia dewasa, maka proses regenerasi sel lebih terbatas dikarenakan jaringan dan sel sudah jadi dengan sempurna.

4. Baik untuk Pertumbuhan Otak

Manfaat telur asin juga baik untuk pertumbuhan otak. Hal ini karena adanya kandungan omega 3 di dalam telur asin yang mampu mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel yang ada di otak dan membantu dalam pertumbuhannya.

Bahkan telur asin juga disarankan agara dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak yang berusia satu hingga tiga tahun. Kamu bisa mengonsumsi telur asin dengan dijadikan lauk bersama nasi atau pun sebagai menu makan pagi.

5. Menyehatkan Tulang

Untuk memiliki tulang yang sehat, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Telur asin bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk menjaga tulangmu tetap sehat. Kandungan fosfor dan kalsium di dalam telur asin ampuh untuk membantu dalam pertumbuhan tulang dan menjaganya.

Sehingga, kamu pun bisa bebas dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Selain itu, kandungan protein di dalamnya juga mampu untuk menguatkan tulangmu. Oleh karena itu, telur asin dianjurkan agar dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, dan orang yang sudah menopause.

6. Menyehatkan Mata

Manfaat telur asin berikutnya bagi kesehatan adalah bisa menyehatkan mata. Hal ini karena di dalam telur asin mengandung vitamin A dan vitamin B yang berguna untuk menjaga indra penglihatanmu tetap sehat dan jernih. Salah satu masalah pada mata yang bisa menyerang adalah katarak, di mana ini berhubungan dengan bertambahnya usia. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi telur asin.

Namun, telur asin sebaiknya tidak kamu konsumsi setiap hari karena adanya kandungan sodium yang tidak terlalu baik untuk tubuh. Cukup di waktu-waktu tertentu saja kamu mengonsumsi telur asin.

7. Menyehatkan Kulit

Manfaat telur asin juga baik untuk menjaga kulitmu tetap sehat. Hal ini karena telur asin memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E sendiri sangat berguna untuk membuat kulitmu lebih cerah dan halus.

Bahkan kandungan vitamin E di dalam telur asin juga bisa melindungi kulit dari jamur, gatal, kulit yang kasar, dan sebagainya. Jadi, untuk kamu yang memiliki gangguan pada kulit, maka telur asin bisa menjadi makanan tepat untuk kamu konsumsi.

Bagi sahabat yang tertarik untuk mendapatkan kesemua manfaat telur asin tersebut, maka mulailah untuk mengonsumsinya dengan jumlah yang sewajarnya saja.

Supported By :

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: AnandaEditor: Fajar