Kota Tasikmalaya Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka Di Sekolah-Sekolah,Kadisdik Terapkan Prokes Ketat

LINTAS MEDIA,Kota Tasikmalaya – Terdapat sebanyak 231 sekolah dasar (SD) dan 79 sekolah menengah pertama (SMP) baik negeri maupun swasta di Kota Tasikmalaya yang sudah siap melaksanakan belajar tatap muka. Sekolah-sekolah tersebut sudah memiliki jadwal yang diatur secara internal untuk melaksanakan proses belajar tatap muka saat penerapan PPKM level 3 lanjutan ini di bulan Agustus.

Pemerintah Kota Tasikmalaya sudah mengumpulkan semua perwakilan tiap sekolah dan sudah 90 persen siap menggelar belajar tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya,Budiaman Sanusi mengatakan, saat ini mayoritas sekolah di daerahnya sudah mulai kembali melaksanakan belajar tatap muka,meski pelaksanaannya masih terbatas maksimal 50 persen jumlah siswa yang masuk secara bergantian saat penerapan lanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 ini

Dalam pelaksanaan proses belajar tatap muka ini pihaknya sudah mewajibkan semua sekolah dasar dan menegah pertama di wilayah Kota Tasikmalaya untuk memiliki Satuan Tugas (Satgas) internal Covid-19 yang terdiri dari guru dan komite sekolah dan bertugas memastikan selama dalam proses belajar tatap muka seluruh siswa dan guru harus menjalankan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

“Setiap sekolah sudah diwajibkan memiliki Satgas Internal Covid-19 untuk memastikan melaksanakan prokes ketat. Sehingga, proses belajar berjalan dengan baik, dan penularan Covid-19 bisa terkendali supaya tak muncul lagi klaster sekolah,” jelas Budiaman, kepada wartawan, Rabu (18/8/2021).

“Sudah sejak Senin mayoritas sekolah melaksanakan PTM (Pembelajaran Tatap Muka),” tambahnya.

Pihaknya pun telah mewanti-wanti supaya tiap sekolah secara serius memperhatikan prokes, selain memberikan pelajaran maksimal kepada para siswanya.

Ia juga berharap belajar tatap muka bisa terus dilaksanakan tanpa harus dihentikan kembali akibat muncul lagi klaster sekolah.

“Penerapan prokes harus dilakukan secara ketat agar tak sampai ada kasus Covid-19 di sekolah,” ujar dia.

“Dalam standar operasional (SOP), lama pembelajaran tatap muka di sekolah 4 jam, guru dan para siswa dilengkapi alat pelindung diri dari virus seperti masker dan face shield. Tidak ada waktu istirahat di sekolah dan selesai langsung pulang,” ujar Budiaman.

Saat di hubungi lintas media,Deden Tazdad Hubban salah seorang Guru di Lembaga Pendidikan Persatuan Ummat Islam (PUI) Kota Tasikmalaya mengatakan

“Dengan digelarnya belajar tatap muka di sekolah membuat orangtua dan Guru tak binggung lagi. Soalnya, kegiatan belajar mengajar (KBM) anak didiknya akan optimal kembali, karena yang kami rasakan Belajar secara Daring itu kurang Optimal apalagi tidak semua Peserta Didik atau Siswa memilki handphone android sebagai alat penunjang belajar Daring” pungkas Deden

Sesuai keterangan Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Hendarman, menyatakan berdasarkan aturan PPKM terbaru, PTM terbatas dapat dilakukan oleh sekolah-sekolah yang berlokasi di wilayah PPKM level 1-3.

“Pelaksanaan PTM terbatas di wilayah PPKM level 1-3 harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, serta kesehatan dan keselamatan seluruh insan pendidikan dan keluarganya,” papar Hendarman, seperti dilansir laman Kemendikbud Ristek, Selasa (10/8/2021)

Adapun seluruh sekolah di wilayah Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai menerapkan belajar tatap muka di masa lanjutan PPKM Level 3 sejak hari Senin (16/8/2021).

Proses belajar tatap muka pun mulai sudah terlihat aktivitas para siswa seusai libur Hari Kemerdekaan 17 Agustus pada Rabu (18/8/2021).

Para siswa terlihat antusias masuk ke sekolah masing-masing dengan menerapkan prokes ketat seperti memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki kelasnya masing-masing.

Supported By :




Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *