Pemkab Tasikmalaya Hibahkan Tanah Untuk Pembangunan Mako Batalyon D Satuan Brimob

LINTAS MEDIA – Kabupaten Tasikmalaya hibahkan tanah seluas 36.457 meter persegi kepada Polda Jawa Barat. Diketahui, tanah yang berlokasi di Desa Ancol Kecamatan Cineam tersebut guna pembangunan Mako Batalyon D Satuan Brimob.

Pemberian hibah tanah itu baru disetujui oleh DPRD Kabupaten Tasikmalaya melalui hasil rapat paripurana dewan beberapa hari kemarin, yang sebelumnya telah menjadi surat keputusan Bupati Nomor 030/2415/BPKPD/2020 tanggal 30 Desember 2020.

“Iya, sebetulnya SK Bupatinya sudah lama terkait hibah tanah untuk markas Brimob di Cineam itu pada akhir 2020 kemarin. Nah, karena harus ada persetujuan DPRD Kabupaten Tasikmalaya dalam penyerahannya, maka baru ada hasil paripurna Jumat kemarin,” jelas Zen kepada http://lintasmediapp.com di Tasikmalaya, Senin (19/4/2021).

Zen menambahkan, hibah tanah yang disetujui dewan tersebut merupakan sinergitas eksekutif dan legislatif di Kabupaten Tasikmalaya untuk kepentingan pelayanan umum.

Markas Brimob Polda Jawa Barat di Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, tentunya akan lebih mempermudah menggerakan pasukan apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan di beberapa daerah Priangan Timur, Jawa Barat.

“Tentunya ini pelayanan bagi masyarakat dalam hal Kamtibmas. Jadi, dengan adanya markas Brimob di Cineam, Tasikmalaya, jaraknya akan semakin dekat dan tingkat mobilitas penanganan kejadian akan lebih cepat,” ungkap dia.

Sementara itu Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin, menjelaskan, secara konstitusional penyerahan hibah tanah tersebut dilakukan atas persetujuan DPRD Kabupaten Tasikmalaya, melalui rapat paripurna tentang Persetujuan Hibah Tanah Milik Pemda Kabupaten Tasikmalaya kepada Polda Jabar pada Senin 20 September 2021.

“Jadi melalui persetujuan DPRD, alhamdulillah kini kami sudah menghibahkan tanah guna dimanfaatkan untuk pembangunan Mako Brimob Polda Jabar,” jelas Cecep, Selasa, 21 September 2021.

Ditambahkan dia, penyerahan hibah tanah ini dilakukan dalam 3 tahap. Dimana pada tahap pertama seluas 22.057 meter persegi. Lantas pada tahap kedua seluas 1.370 meter persegi, dan pada tahap ketiga seluas 13.030 meter persegi. Lokasinya masih dalam satu hamparan yakni di Jl. Cineam – Cimaragas, tepanya di Desa Ancol Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya.

“Jadi, secara keseluruhan lahan yang tersedia sudah mencapai 36.457 meter persegi. Sebenarnya itu satu lokasi. Tapi kenapa sampai ditiga tahapkan, ya karena ketersediaan anggaran, sehingga kami mencicil,” terang Cecep.

Cecep lebih lanjut meyakinkan bahwa sejatinya hibah tanah tersebut untuk memenuhi kebutuhan Kabupaten Tasikmalaya. Karena wilayah timur Kabupaten Tasikmalaya akan segera tersentuh Program Strategis Nasional (PSN). Salah satunya proyek jalan tol.

“Karena PSN ini nanti Kabupaten Tasikmalaya akan menjadi tujuan kunjungan dari mana-mana. Maka perlu tambahan pasukan untuk pengamanan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya,” jelasnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al Ayubi, menjelaskan, karena hibah tanah ini telah disahkan melalui rapat paripurna, maka pemerintah tinggal melaksanakannya saja. Ia juga berharap hibah tanah tersebut membawa kemanfaatan dan akan membantu peningkatan kinerja Kepolisian selama ini.

“Ini bentuk kontribusi kami Pemkab Tasikmalaya bersinergi dengn Kepolisian dalam membantu peningkatan pelayanan Kamtibmas selama ini,” singkat dia.

“Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat. Terutama dari sisi keamanan dan perlindungan masyarakat,” ujar Asep

(Nandang/LintasMedia)

Supported By :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.