Kursus Orientasi MABIGUS MK KS SMP Wilayah Singaparna Bersama KWARCAB Kabupaten Tasikmalaya

  • Bagikan

LintasMedia, KABUPATEN TASIKMALAYA – Kwarcab Pramuka Kabupaten Tasikmalaya mengadakan kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gugus depan (MABIGUS) MKKS SMP Wilayah Kecamatan Singaparna Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya dengan tema “Bersinergi Membina Karakter Anak Didik Yang Berahlak Dan Berbudi Pekerti Luhur” yang bertempat di Gedung Pramuka Jl.Raya Mangunreja Singaparna,” Sabtu (6/10/2021).

Kursus orientasi MABIGUS MK KS SMP wilayah Kec Singaparna bertema “bersinergi membina karakter anak didik yang berakhlak dan berbudi pekerti luhur” yang di hadiri oleh MK KS wilayah Singaparna.

Sekretaris MK KS wilayah Singaparna Drs.H.Ade Suryana, mengatakan maksud diadakannya kegiatan kursus orientasi MABIGUS ini bertujuan agar para kepala sekolah yang menjabat sebagai MABIGUS di sekolahnya masing-masing harus bisa memahami dan meningkatkan pengetahuan tentang tugas dan fungsinya sebagai Majelis Pembimbing sehingga mampu mendorong para pembina di sekolahnya masing-masing agar aktip dalam mengembangkan kegiatan ke pramukaan.

“Peserta yang hadir hari ini dalam kegiatan kursus kegiatan orientasi MABIGUS merupakan inisiatif dari MKKS wilayah Singaparna, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) itu ada di 7 wilayah singaparna, akan tetapi sementara ini yang pertama kali mengikuti MKKS adalah MKKS Singaparna, untuk kedepanya mungkin akan di tindak lanjuti oleh MKKS-MKKS yang lainya dan ini semua adalah merupakan program kegiatan MK KS kabupaten.” Ungkap Ade Suryana, MM.

Ade menambahkan kalau penyerahan SPPD kepada para kepala sekolah merupakan bentuk pelatihan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan ke pramukaan di sekolahnya masing-masing agar nanti nya para kepala sekolah bisa mengembangkan apa yang di terima dalam pelatihan ini.

“Dalam pelaksanaan kegiatan kursus orientasi MABIGUS ini Ade menilai mengenai tanggapan para peserta yang cenderung fleksibel. Ada kepala sekolah yang paham tentang kepramukaan ada juga yang mungkin hanya melihat lihat sebenernya bagaiman tugas dan pungsi sebagai MABIGUS, tentu dengan adanya kegiatan ini diharapkan mereka para peserta memahami betul mengenai tupoksi dari kepala sekolah.” Tambahnya

Kedepannya Ade berharap bahwa semua para kepala sekolah kedepannya bisa mengikuti kursus orientasi MABIGUS ini.

“Saya berharap untuk semua para kepala sekolah yang ada di Kabupaten Tasikmalaya bisa mengikuti kursus orientasi MABIGUS karena itu merupakan program dari kwartir cabang. memang terkadang kursus orientasi itu di laksanakan oleh kwaran-kwaran. Jadi tidak semata ini adalah dari MKKS karena mungkin banyak yang tidak ikut di kwaran-kwaran yang di laksanakan oleh MKKS,” Pungkas Ade kepada awak media.

(Dede/LintasMedia)

Supported By :

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *