RPP PAC Pemuda Pancasila Se Kabupaten Tasikmalaya Resmi Dimulai Dari Utara Halim Terpilih Kembali

  • Bagikan

LintasMedia,Kabupaten Tasikmalaya – MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya akan melaksanakan Rapat Pemilihan Pengurus (RPP) Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC PP) di 19 PAC se Kabupaten Tasikmalaya.

Dari 38 PAC yang ada di Kabupaten Tasikmalaya,19 PAC diantaranya pada medio bulan November sampai Desember 2021 akan melaksanakan RPP PAC Pemuda Pancasila sebagai penjabaran dari ADART dan PO dalam pelaksanaan pemilihan Ketua dan Pengurus Anak Cabang tingkat kecamatan.

Pada pelaksanaan perdana kegiatan RPP PAC kali ini dilaksanakan di PAC Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. Acara sukses digelar pada hari minggu (14/11/2021), di aula gedung serbaguna Desa Mekarsari Kecamatan Kadipaten.

Dengan di ikuti oleh enam ketua ranting beserta pengurus,juga di hadiri pula oleh puluhan anggota Pemuda Pancasila di kecamatan Kadipaten serta dihadiri pula oleh kepanitiaan RPP dari tingkat MPC.

RPP ini dibuka secara resmi oleh Ketua MPC Kabupaten Tasikmalaya, Bung Dani Fardian,S.Ip. Dalam sambutannya Dani Fardian menyampaikan bahwa RPP ini adalah mekanisme pemilihan ketua beserta jajarannya yang dilaksanakan secara demokratis. Dari kegiatan ini melalui proses pemilihan yang sesuai dengan pedoman yang termaktub di PO dan ADART akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang baik yang di inginkan oleh anggota,bukan pemilihan pemimpin yang asal tunjuk. Sejatinya ini merupakan suatu tahapan yang harus dilalui guna mendapatkan kader atau pemimpin terbaik di tingkat PAC. Hal itu sesuai dengan amanat yang tertera di AD/ART.

“Dalam RPP ini kita sebagai kader Pemuda Pancasila harus tegas dan baik, juga profesional. RPP ini adalah program atau tahapan yang memang harus dilalui dan sudah ada dalam aturan AD/ART”, jelas Dani

“Sebagai organisasi yang besar maka mekanisme pemilihan pun harus sesuai aturan,bukan semaunya asal tunjuk. Organisasi ini di lahirkan oleh orang-orang besar dan di organisasi inipun telah melahirkan orang-orang besar.” Imbuhnya.

Pimpinan Sidang RPP PAC Kecamatan Kadipaten adalah Bung Ucen,sebagai ketua panitia penyelenggara RPP PAC Kadipaten, Dalam penyampaiannya Ucen mengatakan bahwa sampai ambang batas waktu penutupan pendaftaran calon ketua PAC sampai hari terakhir pendaftaran,tidak ada lagi calon yang mendaftar,berarti ini dianggap hanya ada calon tunggal.

“Beberapa hari yang lalu kami beserta para ketua ranting telah bersepakat dan menetapkan bahwa apabila hanya ada satu calon,maka proses selanjutnya adalah aklamasi terhadap calon petahana,dan kami telah menetapkan Bung Halim sebagai ketua lagi,jadi saya mohon dari MPC saat ini hanya memberikan pengesahan dan penetapan.” Ucap Ucen.

Menanggapi pernyataan tersebut dari ketua RPP PAC kadipaten, Asep Miftahul Huda Waka 1 Bidang kaderisasi dan keorganisasian mengayakan bahwa mekanisme pemilihan mau seperti apapun tetap harus mengacu pada ADART dan PO Pemuda Pancasila.

“Hari ini adalah pelaksanaan RPP, mau apapun bentuknya,apakah itu ada lebih dari dua calon ataukah satu calon tunggal,mekanisme tetap harus di tempuh. RPP harus dilaksanakan setelah di hadiri oleh para pemegang suara,diantaranya para ketua ranting,satu suara dari unsur PAC dan Satu suara dari MPC. Apabila ketiga unsur tersebut tidak hadir,maka dianggap cacat secara aturan,dan proses tersebut harus di ulang kembali dengan disaksikan oleh berbagai pihak.” Tegas Asep sebagai Waka 1.

Pimpinan rapat RPP atas permintaan BPK dan Waka 1 meminta diadakan rapat pleno sebelum proses selanjutnya. Panitia melaksanakan pleno serta dari BPK dan Waka 1 melaksanakan verifikasi data calon dan data pemilih,setelah selesai verifikasi, seluruh pengurus Ranting se Kecamatan kadipaten bermusyawarah menentukan calon yang akan diusung.

Sebelum pemilihan berlangsung, sesuai AD/ART, Bung Halim sebagai ketua lama di putuskan menjabat didemisioner.

Dilanjutkan dengan pemilihan ketua PAC PP Kecamatan Kadipaten, Akhirnya dalam rapat tersebut, Abdul Halim ditetapkan dan dipilih secara aklamasi sebagai ketua PAC Kecamatan kadipaten, untuk periode 2021-2024.

Bung Halim terpilih secara aklamasi untuk memimpin PAC Pemuda Pancasila Kecamatan kadipaten dengan ditandai dengan penandatanganan penyerahannya serta penandatanganan fakta integritas.

BPK melalui Waka 1 meminta kepada ketua PAC Kecamatan yang baru terpilih untuk segera melengkapi formatur susunan kepengurusan, maksimal dalam tempo empat belas hari kedepan.

Ketua terpilih PAC Kadipaten, Bung Halim dalam orasinya menyampaikan, bahwa PP kedepannya akan terus berbenah diri dan menjaga harga diri, agar menjadi lebih baik dan profesional.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Kepala Desa Mekarsari Pak Kuwu Dadang yang telah memfasilitasi serta mendukung kegiatan ini secara penuh,serta ucapan terimakasih atas dukungan para ketua ranting serta seluruh anggota PAC PP Kecamatan Kadipaten. Saya minta PP kedepan harus menjaga harga diri. Kita harus bisa mandiri. Mari sama sama kita besarkan organisasi PP ini. Mari kita sama sama bekerja sesuai prosedur”, ujarnya.

Tidak itu saja, Halim juga berpesan agar PP kedepan melakukan hal-hal yang positif dan prosedural.

“Jangan sampai mengedepankan otot. Kita jalankan organisasi dengan baik dan benar. Kita besarkan PP yang profesional dan bermarwah”, tutup Halim

(Nandang/LintasMedia)

Supported By :

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *