News  

Perayaan Natal Jemaat Gereja Pasundan Cipatujah Berjalan Khidmat Dan Meriah dengan Dihadiri Ratusan Umat Nasrani

LintasMedia,Kabupaten Tasikmalaya — Perayaan Natal adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani setiap tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember dan kebaktian pagi tanggal 25 Desember.

Suasana perayaan natal tahun 2021 berjalan secara khidmat dan di ikuti oleh jemaat gereja Pasundan di wilayah kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Minggu (25/12/2021).


Gereja Pasundan adalah salah satu dari tiga gereja umat nasrani yang berada di wilayah kecamatan Cipatujah tepatnya berada di wilayah kepunduhan Kalaksanan Desa Cikawungading kecamatan cipatujah. Gereja ini berdiri sejak tahun 1929 dan mempunyai jemaat sebanyak 196 orang berasal dari 65 Kepala Keluarga. Gereja Pasundan ini dipimpin oleh pendeta Ibu Selvi.


Suasana kebaktian Jemaat Gereja Pasundan Cipatujah dalam perayaan natal (foto: Rahmat/LintasMedia)

Kehidupan masyarakat Cipatujah yang menjungjung  tinggi rasa toleransi terhadap umat Nasrani menjadikan kehidupan umat nasrani di tengah mayoritas hidup damai rukun serta saling menghormati kehidupan beragama. Umat Nasrani hidup berdampingan tanpa ada gesekan yang menyangkut isu sara,mereka melakukan aktivitas normal seperti masyarakat cipatujah lainnya.
Umat Nasrani di kepunduhan kalaksanan ini mayoritas bermata pencaharian sebagai peternak dan bertani baik di lahan pribadi maupun lahan perhutani.

Ada yang unik dalam perayaan natal tahun ini,karena umat Nasrani bisa melaksanakan perayaan natal dengan khidmat di tengah sedikit longgarnya pembatasan Pandemi covid-19,berbeda dengan peringatan Natal tahun lalu yang benar-benar sangat terbatas karena status level penyebaran Covid-19 yang cukup tinggi saat itu.

Perayaan natal tahun ini di ikuti oleh seluruh umat Nasrani di kecamatan Cipatujah,selain umat dari Cipatujah di ikuti pula oleh umat Nasrani dari kecamatan Karangnunggal dan daerah Pameungpeuk Garut,sehingga total umat Nasrani yang mengikuti kebaktian Natal ini berjumlah 400 orang. Dengan jumlah umat Nasrani yang begitu banyak tidak seimbang dengan daya tampung gereja sehingga kebaktian dilaksanakan dalam dua waktu kebaktian pertama dimulai jam 09.00 wib s/d 11.00 wib dan kebaktian kedua dilaksanakan pukul 13.00 wib sampai dengan selesai.

Acara Perayaan Natal ini berjalan lancar dan aman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta dengan pengamanan dari pihak TNI/Polri serta dihadiri oleh ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Cipatujah Muhtarom dan dari Dishub Kabupaten Tasikmalaya.

“Acara perayaan hari natal hari ini adalah acara yang cukup bahagia kembali dirasakan oleh kami, karena tahun sebelumnya perayaan tidak se khidmat dan semeriah ini karena dengan situasi pandemi Covid 19 saat itu.” Ujar Supardi tokoh Kristiani setempat.

kegiatan vaksinasi bagi jemaat Gereja Pasundan Cipatujah sebelum perayaan kebaktian Natal (foto : Rahmat/LintasMedia)

Sebagai wujud dukungan terhadap program vaksinasi,dalam perayaan natal ini diadakan pula kegiatan vaksinasi bagi jemaat yang belum melaksanakan vaksin baik vaksin pertama maupun vaksin kedua. Kegiatan vaksinasi bagi jemaat ini dengan melibatkan team Nakes Puskesmas Cipatujah.

Sementara itu Kapolsek Cipatujah Iptu. Rokhmadi mengatakan kepada awak lintas media mengenai perayaan Natal di Cipatujah

“Memang benar Acara perayaan natal di wilayah cipatujah ini memang baru di laksanakan semeriah ini lagi setelah melewati masa-masa terberat pandemi covid 19 , dan harapan kedepanya agar terus selaras berkesinambungan menjaga keutuhan kerukunan hidup beragama meskipun berada dalam lingkungan mayoritas muslim di wilayah desa cikawungading kecamatan cipatujah ini.” Pungkasnya.

(Rahmat siregan/LintasMedia)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: Rahmat SireganEditor: Fajar