Inilah Daftar Nama Nama Calon Rektor Baru Universitas Siliwangi Tahun 2022-2026

LintasMedia,Kota Tasikmalaya
Rektor Baru Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya harus mengedepankan kepentingan Mahasiswa dan Masyarakat.

Pemilihan Rektor Baru Universitas Siliwangi menjadi salah satu hal yang menarik banyak perhatian dari segala banyak unsur. Diantaranya, dari mulai unsur Tokoh Politik, Tokoh Akademik, sampai ke tokoh Organisasi Masyarakat.


Hal ini dikatakan oleh Muhammad Satriana Ilham selaku Alumni Universitas Siliwangi, kemudian dia juga sebagai Aktivis Unsil serta mantan Pimpinan ORMAWA di Kampus Negeri Universitas Siliwangi.

Dia menunjukkan bahwa Lembaga Pendidikan Tinggi di Tasikmalaya tersebut menjadi suatu instansi yang banyak di perhatikan banyak elemen.

Namun, dalam hal ini dari banyaknya kepentingan yang dibawa, kemudian yang harus di perhatikan paling utama adalah apa gagasan yang di tawarkan untuk kesejahteraan Mahasiswa Unsil itu sendiri.

Lanjut lagi, apa gagasan yang di bawa untuk masyarakat Daerah terkhusus untuk masyarakat Daerah Tasikmalaya. Terlebih, bukan hanya sejauh mana jaringan, relasi dan kekuatan punding yang dimiliki.

Mengingat Universitas Siliwangi sendiri merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi (Universitas Negeri) yang ada di Wilayah Tasikmalaya, bahkan daerah se-Priangan Timur.

Tentu, ini menjadi harapan banyak elemen masyarakat dalam memperbaiki nasib Pendidikanya. Mengingat Tasikmalaya dan Daerah Priangan Timur sendiri diisi oleh kebanyak elemen masyarakat yang berada di bawah kata menengah kebawah.

Jika terpilihnya Rektor Unsil yang baru pada nantinya, mereka haruslah dapat mengakomodir kepentingan dan harapan Mahasiswa & masyarakat khusunya yang berada di wilayah terdekat (Tasikmalaya).

“Apabila dilihat dari indeks kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam melanjutkan Pendidikan Tinggi masih belum mencapai 50% di wilayah produktif masuk Perguruan Tinggi.”Ujar Dia kepada tasikraya, Rabu (12/1/2022).

Dan inilah daftar nama-nama calon Rektor baru Universitas Siliwangi Tahun 2022-2026;

Pertama, Prof Muradi, M.Sc., M.A., Ph.D.
Kedua, Prof Dr Iis Marwan, Drs., S.H., M.Pd.
Ketiga, Prof Dr Nandang Alamsyah Deliarnoor, S.H., M.Hum.
Keempat, Drs Tommy Apriantono, M.Sc., Ph.D.
Kelima, Dr Nundang Busaeri, Ir., M.T.
Keenam, Dr Gumilar Mulya, Drs., M.Pd.
Ketujuh Dr Supratman, Drs., M.Pd.

Dari ketujuh calon Rektor tersebut adalah sosok yang luar biasa, sudah santer terdengar dalam Dunia Akademik, tidak usah diragukan dalam karier Akademik dan pastinya segudang prestasi.

“Dalam setiap pemikiran dan gerakanyalah 5 tahun ke depan Unsil akan dinahkodai, tentunya 5 tahun kedepan juga harapan Mahasiswa dan masyarakat Daerah Wilayah sekitar Tasikmalaya.”Beber Ilham.

Ilham Boy, mengatakan semoga kedepannya, siapapun yang terpilih menjadi Rektor Unsil, mereka benar-benar mengendepankan kepentingan kemajuan Pendidikan khususnya Mahasiswa dan masyarakat yang berada di sekitar Wilayah Tatar Siliwangi.

“Saya juga mengharapkan dalam tahapan pemilihan ini harus benar benar terlepas dari unsur Politik Praktis. Karena, menurut saya ranah Pendidikan harus murni atas dasar niatan Pengabdian.”Paparnya.

Rektor Universitas Siliwangi Periode 2022-2026 nanti harus mampu mengokohkan tujuan dari Perguruan Tinggi sesuai PP 30 Tahun 1990, Pasal 1 Ayat 1.

Tujuan Pendidikan Tinggi adalah:
1. Mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.

2. Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta mengoptimalkan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional ( UU 2 tahun 1989, Pasal 16, Ayat (1) ; PP 30 Tahun 1990, Pasal 2, Ayat (1).

Kepada seluruh calon rektor, agar selalu mengedepankan cara yang bijaksana dan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi dalam proses pemilihan rektor. Bila nantinya terpilih, setidaknya bisa dapat mengakomodir dan berkolaborasi dengan seluruh calon rektor serta kader potensial lainnya.

“Gunakan cara-cara yang bijaksana dan utamakan kepentingan Universitas Siliwangi di atas kepentingan pribadi. Perlu diingat bahwa pemilihan rektor ini bukan bertanding tetapi bersanding. Jadi harus saling merangkul sesama bakal calon dan kader potensial lainnya.”Amanat Boy salah satu Aktivis Unsil.

Boy juga menyampaikan, terdapat dalam sebuah syair Wangsit Siliwangi yang berbunyi “Sakabéh turunan dia ku ngaing bakal dilanglang. Tapi, ngan di waktu anu perelu. Ngaing bakal datang deui, nulungan nu barutuh, mantuan anu sarusah, tapi ngan nu hadé laku-lampahna. Mun ngaing datang moal kadeuleu; mun ngaing nyarita moal kadéngé. Mémang ngaing bakal datang. Tapi ngan ka nu rancagé haténa, ka nu weruh di semu anu saéstu, anu ngarti kana wangi anu sajati jeung nu surti lantip pikirna, nu hadé laku lampahna. Mun ngaing datang; teu ngarupa teu nyawara, tapi méré céré ku wawangi. Artinya bahwa (calon rektor unsil ini harus bisa memberikan manfaat kepada seluruh elemen masyarakat dalam lingkup tatar siliwangi, tanpa harus bersikap arogansi dan mengedepankan eksistensi semata, tetapi harus dibuktikan dengan karya nyata.”Pungkasnya.

(Rzq/LintasMedia)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: RzqEditor: Fajar