News  

Kaswati Warga Cipatujah Bisa Tersenyum Bahagia Setelah Sebelumnya Tinggal Bertahun-Tahun Di Rumah Tidak Layak Huni

LintasMedia,Cipatujah Kab. Tasikmalaya – Karang Taruna Kapunduhan kalaksanan,desa cikawungading kecamatan cipatujah Jawa Barat melakukan kegiatan bedah rumah terhadap seorang ibu yang bernama Kaswati (50) seorang warga yang hidup dalam kesusahan karena ditinggal suaminya.

Selama bertahun-tahun kaswati tinggal seorang diri di dalam rumah yang kurang layak huni,selain itu kondisi kaswati yang kurang sempurna karena susah untuk berjalan akibat sakit struk yang dideritanya semakin mempersulit kehidupannya.


Melihat keadaan salah satu warga tersebut,karang taruna kepunduhan kalaksanan desa cikawungading dibawah kepemimpinan Daryana (40) atau biasa dipanggil Yayan tergerak dan mulai menginisiasi Kegiatan bedah rumah ini.

“Berangkat dari keprihatinan melihat kondisi ibu kaswati yang tinggal di rumah yang kurang layak ditambah kondisi beliau yang sedang mengalami sakit struk,kami karang taruna kalaksanan melakukan kegiatan bedah rumah ini.” Ungkap Yayan,Sabtu (29/5/2022).

Dikatakannya, dalam melakukan bedah rumah milik kaswati ini selain menerjunkan pasukan Karang Taruna pihaknya juga melibatkan masyarakat setempat. Yang mana salah satu upaya dalam penggalangan dana dan pengerjaan rumah yang dilakukan secara swadaya dan gotong royong.

”Gotong royong terus di jungjung tinggi dalam melakukan bedah rumah, terlihat masyarakat bahu-mebahu dalam bakti sosial ini,” katanya.

“Untuk anggaran bedah rumah,selain dari karang taruna kami pun menggalang donasi kepada masyarakat tetangga lainya dan Alhamdulillah masyarakat begitu antusias membantu.” Ungkapnya

“Dan pada akhirnya bahan baku terkumpul salah satu nya bantuan langsung dari pemerintahan Kecamatan,Danramil,Kapolsek,Para donatur, dan kemudian di lanjutkan dengan pelaksanan merobohkan rumah lama dan masyarakatpun melaksanakan kegiatan gotong royong membangun rumah bu kaswati.” Terang Yayan.

Kondisi rumah kaswati sekarang sudah 85 persen selesai tinggal tahap finishing.

 

Selain hasil dari para donatur,pembangunan rutilahu ini pun sudah diajukan ke BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya melalui Pemdes Cikawungading.

“Sudah kami ajukan program dari Baznas dan CSR Bank begitupun Rutilahu kepada tahapan kecamatan bahkan kabupaten,semoga hasilnya bisa makasimal.” Ujar Mustaron Kepala desa cikawungading saat diminta keterangan oleh awak LintasMedia.

Hal senada di sampaikan oleh camat kecamatan Cipatujah Darya,S.Ip kepada awak media

“Kendala bantuan dari Baznas untuk program program sosial itu di kabupaten di karenakan bersumber dari pengunduran diri kepala baznas sehingga memang pengajuan yang mash banyak yang belum tuntas diharapkan sabar menanti persetujan pengajuan program sdr ibu kaswati kepada ketua karta dan rekan rekanya.” Terang Darya.

Yayan selaku ketua karang taruna kalaksanan menghaturkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya pembangunan rutilahu milik kaswati, dia bertekad untuk terus melakukan kebaikan bagi warga lainnya yang membutuhkan uluran bantuan

“Perjuangan ini kita lakukan atas dasar kemanusian dari hati terkecil , bukan hanya cari nama baik di mata masyarakat ataupun tetangga, kita berjuang yang seharusnya di perjuangkan kalaupun memang tidak terlihat langsung oleh halayak pemerintah setempat bisa cek langsung ke lapangan kondisi warga dengan seksama, jangan anggap kita sebagai bisa di sebut anak angon tidak mempunyai hati dan pikiran.” Pungkas Yayan

(Rahmat Siregan/LintasMedia)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif