30 Hektar Jadi Prioritas Komisi IV DPR-RI Kembangkan Program Pertanian Dan Perkebunan

LintasMedia, Kota Tasikmalaya –
Ketua DPD PDI Jawa Barat sekaligus Anggota DPR-RI Komisi IV Ono Surono di dampingi Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto gelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Peningkatan Kapabilitas Petani dan Pelaku Usaha Hortikultura di Hotel Harmoni, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jum’at (10/6/2022).

Dikenal Tokoh Nelayan Panturan ini, Ono Surono mengatakan Bimtek tersebut dengan Program Pertanian dengan melihat potensi Desa dan harus kita maksimalkan. Karena, mayoritas di Kabupaten Tasikmalaya masyarakatnya adalah bertani dan berkebun.


Menurutnya, kata Ono, Bupati Tasik juga mengatakan bahwa masih banyak lahan perkebunan belum tergarap serta belum maksimal. Oleh karena itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menjadi tertarik akan permulaan dalam Program Kampung Buah Melon, Pisang dan Manggis masuk di Kabupaten Tasikmalaya.

“Tasikmalaya juga penghasil buah Manggis terbaik di Indonesia kita akan juga dorong Program Budidaya Manggis seluas 20 Hektar untuk Manggis dan Pisang 10 Hektar bisa bermanfaat dan jadi faktor pendorong.”Ucapnya Tokoh Nelayan Pantura saat di wawancara sejumlah awak media.

Ia mengatakan Bupati Tasikmalaya sekarang lebih fokus berbicara tantang isue kemiskinan IPM Kabupaten Tasikmalaya melalui Program Pertanian dan Komisi IV DPR-RI akan dorong dalam mengentaskan dan mengurangi kantong kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya.

Ono Surono pun menyinggung soal Petani Milenial, ia mengatakan program Petani Milenial banyak diminati dan menjadi pembahasan bagus di Pemerintah Pusat.

“Dimana regenerasi Petani harus ada dan Petani sekarang harus gunakan teknologi yang bagus dan baik untuk mengurasi kost serta tenaga.”Bebernya.

Dari 30 Hektar Program Kampung Buah Manggis dan Pisang baru dalam tahap mempersiapkan proposalnya, “Insya alloh tahun ini turun.”Singkatnya.

“Kampung Buah adalah Program dari Kementerian Pertanian yang di bahas bersama komisi IV DPR-RI berupa bantuan Bibit dan lain-lain. Banyak orang orang indonesia belum banyak mengetahui penghasil manggis terbaik itu dari Kabupaten Tasikmalaya.”Terangnya.

Selain dikenal penghasil Manggis terbaik, Tasikmalaya juga penghasil Kopi Cigalontang, Kerajinan, Kelom, Bordir. Dan semoga Produk Pertanian menjadi Icon Tasikmalaya.

Sementara, Ade Sugianto Bupati Tasikmalaya dalam Bimtek ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas 10 Hektar Pisang dan 20 Holtikutura.

“Saya sangat apresiasi hal tersebut sebagai bagian upaya membantu Petani Kabupaten Tasikmalaya dalam meningkatkan produktifitas.”Ungkapnya

Kata Ade Sugianto, pihaknya nanti akan melihat lahan Pisang dimana dan Holtikultura juga kita buatkan tim untuk pemetaan yang diajukan ke Pemerintah Pusat.

(Rzm/LintasMedia)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif