Berdiri Lebih Dari 46 Tahun Jelang Tahun Ajaran Baru SDN Sukalaksana Terancam Digembok Oleh Pemilik Lahan | LintasMedia

LintasMedia, Kab. Tasikmalaya – Terkait nasib status tanah SD Negeri Sulaksana yang masih menjadi sengketa antara pemilik tanah dan pihak sekolah menjadi permasalahan yang cukup pelik. Pihak penggugat sebagai pemilik tanah meminta kepastian terkait pembayaran tanah yang telah di janjikan oleh pihak pemerintah. Hal ini memicu reaksi dari beberapa tokoh masyarakat untuk bisa menyelesaikan kasus sengketa lahan di SD Negeri Sulaksana ini yang digugat oleh ahli waris.

Permasalahan ini timbul terkait pergantian lahan sekolah, Menurut Usep Syuhud (45) Kepala wilayah Sirnagalih 1 adanya sebab gugatan ahli waris atas nama Oneng (78) terkait pembayaran lahan yang digunakan sekolah belum juga ada kepastian.

“Kalau berbicara histori berdasarkan kesaksian kuat para saksi bahwa membenarkan lahan yang dipakai oleh bangunan SD Negeri Sulaksana ini milik almrh. Hj. Rukoyah atau alm. H. Kosasih yang merupakan orang tua dari ibu Oneng si penggugat. ” kata Usep saat di temui awak LintasMedia di rumahnya di daerah purwalaksana kecamatan taraju, Kamis (23/6/2022).

“Kebutuhan akan sarana pendidikan saat itu sangatlah mendesak dan atas dasar adanya kebijakan SD Inpres (Instruksi Presiden) di zaman Orde Baru. Saat itu, maka dibangunlah bangunan sekolah diatas lahan Oneng dengan perjanjian dibayar secara per termin,tetapi sampai sekarang tidak ada pembayaran dari pemerintah atau dinas terkait ,dan pada akhirnya si ahli waris itu menuntut agar pemerintah mengganti rugi atas tanah yang dibangun sekolah dasar sulaksana tersebut.” terang usep.

Kata Usep Pihak keluarga mengaku telah mengupayakan agar diadakan mediasi dengan pemerintah atau dinas terkait sampai mengadu ke anggota dewan,Namun, hingga saat ini belum ada jawaban yang pasti sehingga ada kemungkinan si pihak penggugat berencana menggembok pintu bangunan SD negeri Sulaksana tersebut.

“Sebenarnya dari pihak penggugat sangat kondusif, mereka mempersilakan pendidikan itu berjalan atau diteruskan,tanpa menggangu KBM di SD Negeri Sulaksana pihak pemilik tanah sangat mendukung program pemerintah, apalagi sekarang menjelang masa tahun ajaran baru,si pihak pemilik tanah juga ingin sama-sama mencerdaskan anak bangsa.” tambahnya

“Sekolah Dasar Negeri Sulaksana ini sudah berdiri lebih dari 46 tahun. Pada awal-awal pendirian sekolah,ibu Oneng pemilik tanah tersebut di janjikan akan di bayar setiap termen pembangunan, tapi sampai saat ini belum ada pembayaran sama sekali.” Jelas Usep

Upaya-upaya penyelesaian sengketa tanah ini terus dilakukan diantaranya dengan mendatangi Sekda,Bapeda,Dinas Pendidikan sampai mengadu ke DPRD.

Masyarakat berharap agar permasalahan lahan bangunan SDN Sukalasana yang berlokasi di Kp. Cibengang Rt.19 Rw.10 Desa Purwarahayu Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya ini segera cepat ada solusi atau penyelesaian.

“Masyarakat disini terutama orang tua siswa sangat terbantu dengan adanya sekolah SD di wilayah Cibengang ini,karena dari sembilan ke RT an dan kampung-kampung sekitar sekolah ini sangatlah penting berhubung kalau kita menyekolahkan anak ke sekolah lain sangatlah jauh lokasinya.” Terang usep.

“Kami atas nama masyarakat dan juga orang tua siswa berharap agar permasalahan ini sesegera di selesaikan, berhubung pemilik lahan sudah sepuh dan kami benar-benar sangat membutuhkan sekolah ini terutama bagi anak-anak penerus bangsa,jangan sampai karena permasalahan ini tidak kunjung selesai, nantinya hak anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak jadi terhambat.” Imbuhnya

“Harapan masyarakat juga pemerintah desa agar secepatnya dari pemerintah kabupaten Tasikmalaya atau dinas terkait adanya penyelesaian pembayaran lahan sekolah tersebut,karena ditakutkan karena terlalu lamanya permasalahan ini berlarut,pihak pemilik tanah akan menggembok bangunan Sekolah SDN Sukalaksana tersebut.” Pungkas usep.

(Roni Gunaevi / LintasMedia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.