News  

Banjir Pasang Pantai Selatan Menyapu Sepanjang Pesisir Pangandaran Sampai Pantai Sayang Helang

LintasMedia,Tasikmalaya – Kejadian bencana Air Rob atau guntur aur laut terjadi di wilayah Pantai Selatan tepatnya di Desa Sindangkerta ,Cikawungading Cipatujah Ciheras Kecamatan Cipatujah tepatnya terjadi sekitar jam.09.00 wib pada hari Selasa,30/8/2022.

Dampak dari kejadian air rob ini Ada beberapa warung yang berada di pinggir pantai mengalami kerusakan akibat masuknya air laut,serta ada beberapa Gazebo dan saung-saung kecil roboh akibat kejadian naiknya air laut ini.

Berdasarkan laporan dari Yati Sumiati (46) Relawan Penanggulangan Bencana BPBD Kecamatan Cipatujah kejadian banjir Rob ini belum begitu parah dan tidak menimbulkan dampak yang besar.

“Alhamdulillah warga mah masih aktifitas. Malah pengunjung oge aya keneh nu ameng,malah jadi tontonan warga. Semoga tidak ada ombak yang lebih besar dari sekarang lagi” ujar Yati

“Saat ini yang dibutuhkan oleh warga terdampak adalah logistik dan bahan makanan.” pungkas Yati dalam percakapan group WA Relawan.

Upaya yang dilakukan warga yang berada di pinggir pantai dan mengalami langsung dampak dari banjir Rob ini,bersama-sama membersihkan reruntuhan matrial gazebo, dan sampah-sampah yang terbawa air laut, dengan kejadian ini ada beberapa warga yang tinggal di pinggir pantai sebagian mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kejadian bencana Banjir rob ini bukan hanya terjadi di wilayah pantai selatan Tasikmalaya tetapi terjadi juga di sepanjang kawasan pesisir selatan Jawa Barat sehingga mengakibatkan kawasan wisata yang berada di sekitaran atau sepanjang pantai selatan Jabar ditutup untuk sementara.

Berdasarkan keterangan warga bahwa banjir rob ini pun terjadi di sekitar pantai Sayang Heulang, Santolo, Rancabuaya, dan Karang Papak. Kondisi air laut sudah mencapai ke warung-warung yang ada di sekitar pantai.

Kondisi pasang air rob di sepanjang pantai selatan saat ini diprediksi dari BMKG ketinggian ombak mencapai sekitar 7 meter.

Di prediksi kejadian rob di kawasan pantai selatan Jabar ini biasanya terjadi hingga tiga hari.

Hal senada di ucapkan oleh Dadan (36) salah seorang warga Santolo saat di hubungi via telpon.

“Kejadian air pasang di pantai selatan biasanya akan berlangsung dua atau sampai tiga hari ke depan, jadi hari ini, besok, dan lusa kemungkinan bisa normal kembali,” ujar Dadan.

Berdasarkan pantauan di lapangan kontributor LintasMedia,kejadian rob ini tidak hanya terjadi di Tasik Selatan dan Garut, tetapi kejadian rob ini pun terjadi di kawasan Cianjur dan Pangandaran.

(LintasMedia/Rahmat Siregan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.