Progres Revitalisasi Pekerjaan Tahap Pertama Objek Wisata Situ Gede Sudah Capai 14.7 Persen

LintasMedia,Kota Tasikmalaya – Objek wisata situ Gede di Kecamatan Mangkubumi merupakan salah satu tujuan wisata pavorit bagi masyarakat Tasikmalaya serta masyarakat dari wilayah lainnya. Situ gede meupakan objek wisata yang masih menjadi andalan pemerintahan kota Tasikmalaya.

Danau seluas 47 hektare tersebut dan sumber airnya konon dari kaki Gunung Galunggung menyajikan kilau pesona wisata alam di pusat kota Tasikmalaya yang indah dan nyaman dengan hamparan air tawar yang membiru serta rimbunan pohon yang berada di sekitar objek wisata memberikan keteduhan di tengah riuhnya kota Tasikmalaya sehingga sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga di saat liburan.

Selain menyuguhkan hamparan pemandangan yang indah, di situ gede terdapat makam keramat yang terdapat di hutan Situ Gede, sehingga menjadi lengkaplah destinasi objek wisata situ gede selain wisata alam juga wisata sejarah dan religi.

Melihat potensi wisata yang sangat luar biasa ini,pemerintah kota Tasikmalaya terus berbenah mempercantik situ gede dengan revitalisasi objek wisata situ gede yang dananya berasal dari anggaran Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan revitalisasi dan Rehabilitasi Embung Situ Gede Kota Tasikmalaya tersebut bahkan akan menghabiskan anggaran senilai Rp6.395.752.468

Kepala UPTD PSDA Wilayah Sungai Ciwulan-Cilaki H Elvan Robiyana, ST, M.Si., saat melakukan kegiatan Monev di situ gede ini pada hari Senin,(5/9/2022). menjelaskan, bahwa revitalisasi Situ Gede pada tahun ini akan dibangun 3 titik pekerjaan diantaranya, renovasi gerbang masuk kawasan Situ Gede, lahan parkir, dan warung lesehan sebanyak 33 kios.

“Alhamdulillah kami dari pemerintah provinsi Jawa barat dibawah dinas sumberdaya air provinsi Jawa barat juga UPTD PSDA Wilayah sungai ciwulan Cilaki Jawa barat diamanahi suatu program revitalisasi situ gede yang pada out put nya untuk destinasi wisata juga pada peningkatan ekonomi masyarakat.” Jelas Elvan kepada LintasMedia saat melakukan Monev di situ gede, senin (5/9/2022).

Terkait ditanya masalah progres pembangunan atau revitalisasi di situ gede ini Elvan menjelaskan bahwa sampai saat ini berjalan baik sesuai dengan yang direncanakan.

“Dalam progres kita memasuki Minggu ke tujuh dan yang direncanakan pertengahan Desember sudah selesai pada tahap satu. Progres pada Minggu ke tujuh ini mencapai 14,7% respon positif 0.9% yang artinya secara progres di lapangan pekerjaan berjalan cukup baik dan dengan penambahan pekerja maupun penambahan jam kerja.” Terangnya.

Situ gede yang merupakan aset provinsi pemerintah Jawa barat ini dengan adanya revitalisasi ini akan memberikan dampak luar biasa bagi peningkatan sektor pariwisata di wilayah kota Tasikmalaya.

“Kebanggaan di wilayah Tasikmalaya juga kebanggaan bagi pemerintah provinsi Jawa barat dan juga lingkup nasional,harapan bersama dengan adanya revitasisasi ini bisa lebih baik bukan hanya sebagai destinasi wisata,juga konservasi alam dan juga sasarannya adalah peningkatan ekonomi masyarakat.” Pungkas Elvan.

(LintasMedia/Nandang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.