Peran Legislatif Terhadap Pengembangan UMKM Di Kabupaten Tasikmalaya

Laporan  : Nandang

LintasMedia,Kab. Tasikmalaya – DPRD Kabupaten Tasikmalaya sebagai mitra Pemerintah terus berkomitment menjadi katalisator kebijakan-kebijakan yang pro masyarakat terutama terkait peningkatan ekonomi kerakyatan yang nantinya akan memberikan dampak ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat kabupaten Tasikmalaya.


Salah satu anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Saepuloh,ST,.MM dari Fraksi Partai Golkar berikan dukungan terhadap pengembangan UMKM. Dukungan ini diberikan Asep saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan pelatihan Kewirausahaan yang diselenggarakan Dinas Koperasi,UKM,Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya tahun anggaran 2022 dan di ikuti oleh peserta pelatihan yang terdiri dari para pelaku UMKM di Grand Metro,Rabu (19/10/2022).

Asep menyampaikan bahwa peran legislatif merupakan sebuah regulasi yang berbentuk peraturan daerah yang berpihak terhadap UMKM.

“Dukungan dan peran DPRD terhadap UMKM yang riil adalah dengan memberikan persetujuan atas rencana APBD untuk ditetapkan menjadi perda APBD dalam program pemberian modal dan atau hibah serta melakukan pengawasan yang terus menerus terhadap regulasi yang telah di tetapkan.” Papar Asep

Ia juga mendorong agar Pemda Tasikmalaya segera membuat perda terkait UMKM karena selama ini yang menjadi pijakan adalah UU Omnibuslaw no.24,Inpres no 2 tahun 2022,PP nomor 7 tahun 2022.

“Semoga Perda terkait UMKM bisa disinergikan dengan lembaga-lembaga perbankkan atau lembaga lainnya.” Tegasnya.

“Saya yakin kalau UMKM ini mendapat perhatian lebih,maka percepatan ekonomi akan cepat tumbuh. Hal ini pun harus di dukung dengan perbankan, perdagangan, keterampilan atau kreatifitas yang terus di kembangkan oleh pemilik kebijakan”. imbuhnya.

UMKM dan Koperasi merupakan sokoguru perekonomian nasional. Koperasi Sebagai Sokoguru Perekonomian Indonesia berarti bahwa koperasi sebagai pilar utama dalam sistem perekonomian nasional serta UMKM merupakan sektor ekonomi yang keberadaannya di Indonesia sangat diperhitungkan, karena berkontribusi besar pertumbuhan ekonomi.

(LintasMedia/Nandang)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif