Jelang Muscab MPC PP Kabupaten Tasikmalaya Tunjukan Capaian Prestasi Yang Signifikan Dan Respon Positif Dari Kepengurusan PAC

Laporan : Nandang Nur Fajar

LintasMedia, Kabupaten Tasikmalaya — Jelang Muscab Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya giat Rapat-rapat konsolidasi dan verifikasi PAC Pemuda Pancasila se Kabupaten Tasikmalaya guna melengkapi administrasi kepesertaan dan kelengkapan proses muscab yang rencananya akan di laksanakan pada bulan Juli 2023. Hal ini disampaikan oleh Asep Miftahul Huda,Waka satu Bidang Organisasi dan kaderisasi didampingi ketua BPK PP Tarwan di sekretariat MPC PP Kabupaten Tasikmalaya di komplek Rukan Badak Paeh Singaparna. Rabu (01/03/2023).


Asep Miftahul Huda menyampaikan konsolidasi dan verifikasi yang akan dilaksanakan oleh Tim BPK nantinya akan mencakup verifikasi administrasi mulai dari tingkat ranting, Pimpinan Anak Cabang (PAC), hingga tingkat Majelis Pimpinan Cabang (MPC). Selain persiapan-persiapan administrasi,Asep menyebutkan kegiatan ini untuk mempersiapkan Back To Zero dimana kepengurusan seluruh PAC akan di tinjau apakah masuk sebagai peserta muscab atau sebagai Peninjau dalam muscab nanti.

“Perlu diketahui bahwa kepengurusan PAC Pemuda Pancasila se Kabupaten Tasikmalaya ada 39 PAC di tiap kecamatan se kabupaten.” Terang Asep

“Berdasarkan hasil verifikasi,dari 39 PAC,ada beberapa PAC yang belum masuk kriteria sebagai peserta muscab dikarenakan jumlah keanggotaan yang belum memenuhi serta kekurangan-kekurangan lainnya.” Ungkapnya.

“Dari 39 PAC yang ada,dipastikan yang akan menjadi peserta Muscab sebanyak 33 PAC dan yang 6 PAC masuk sebagai Peserta Peninjau.” Jelas Asep.

BACA : Deklarasi 30 Ketua PAC Dorong Dani Fardian Kembali Nakhodai MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya Periode 2023-2027

Di tempat yang sama Sekretaris Umum MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya Jejen Jenal mengatakan Untuk saat ini pihaknya sedang mempersiapkan bagimana caranya administratif yang menjadi tuntutan pra muscab itu terlaksana

“Inn shaa Alloh di akhir bulan Maret ini rencananya kita akan melakukan rapat pleno penetapan SC dan OC untuk menindaklanjuti pelaksanaan muscab.” Ucap Jejen .

“Persiapan pleno sudah jelas, 90 Hari Sebelum Hari H kepengurusan MPC harus sudah melaksanakan pleno,selanjutnya 30 hari Sebelum pelaksanaan Muscab sudah mempersiapkan pemberkasan administrasi untuk penerimaan Bakal Calon Pimpinan MPC yang akan mengikuti muscab.” Jelasnya

“Untuk kepesertaan muscab,berdasarkan hasil verifikasi awal terhadap 39 PAC,yang memenuhi syarat kepesertaan muscab baru 33 PAC dan sisanya sebagai peserta peninjau.” Pungkas Jejen

BACA : Dani Fardian,S.Ip Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya Dalam Pesannya PP Harus Dekat Dengan Masyarakat

Saat ini Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya dibawah kepemimpinan Dani Fardian,S.IP mengalami transformasi yang sangat signifikan, ini bisa dilihat dari sistem kepengurusan yang terstruktur secara sistemik mulai dari tingkat anak ranting,ranting sampai PAC sejalan dengan ADART organisasi. Untuk kepengurusan MPC Pemuda Pancasila Capaian kepengurusan saat ini, kepengurusan tingkat Kecamatan atau PAC hampir 100 persen terpenuhi tersebar di 39 kecamatan se Kabupaten Tasikmalaya.

Dari segi jumlah data base ke anggotaan Pemuda Pancasila mengalami lonjakan yang luar biasa,pasca kepengurusan MPC terdahulu jumlah anggota sekitar 2026 anggota sekarang dalam waktu 3 tahunan penambahan jumlah anggota sudah mencapai 7.986 anggota Pemuda Pancasila, ini menunjukan bahwa Pemuda Pancasila sudah mulai diterima dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

BACA : Memaksimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat Badan Kesehatan Dan Penanggulangan Bencana (BKPB) Pemuda Pancasila Resmi Dibentuk | LintasMedia

Di kepengurusan MPC sudah mulai terbentuk badan-badan baru mulai dari Badan KTA,Badan Pelaksana Kaderisasi (BPK) dan BKPB bidang kebencanaan.

Dalam bidang keagamaan,MPC Pemuda Pancasila telah melaksanakan perlombaan marawis tingkat kabupaten yang di ikuti oleh peserta dari pesantren-pesantren serta masyarakat dari kabupaten dan kota Tasikmalaya. Di bidang olah raga telah melaksanakan even besar yaitu even Bola Volly se Priangan timur yang di ikuti oleh tiga kabupaten kota.

Menjalankan pungsinya sebagai sosial kontrol,PP terus proaktif dalam pengawasan-pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di berbagai tingkatan sebagai upaya kerjasama dengan berbagai stake holder menciptakan penyelenggara pemerintah yang bersih dan akuntabel.

Dalam berpolitik pun Pemuda Pancasila Kabupaten Tasikmalaya menunjukan kematangan dalam berpolitik,ini dibuktikan dengan adanya 8 kader Pemuda Pancasila yang masuk menjadi Bacaleg dalam perhelatan politik pemilu di tahun 2024 dari berbagai unsur Partai.

BACA : Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Hadiri Tournamen Volley Ball Pemuda Pancasila Cup 2022 Di Alun Alun Salawu

Sudah cukup banyak prestasi dan penghargaan-penghargaan yang di terima Pemuda Pancasila kabupaten Tasikmalaya dari berbagai unsur,baik unsur pemerintah maupun unsur lainnya.

Paradigma PP mengalami tingkat penilaian trust yang cukup baik di tengah-tengah masyarakat,ini dikarenakan bahwa gerakan-gerakan organisasi PP di tingkat Grassroots memberikan citra baik dengan gerakan-gerakan sosialnya mulai dari giat baksos,pendampingan-pendampingan,jalinan kemitraan dengan berbagai unsur,gerakan kepemudaan,gerakan keagamaan,sosial budaya,kegiatan kemasyarakatan,kesehatan dan kegiatan-kegiatan positif lainnya yang dilakukan oleh tiap-tiap kepengurusan setingkat dibawah MPC,yaitu tingkat PAC dan ranting di tengah-tengah masyarakat,sehingga citra dan paradigma Pemuda Pancasila mengalami perkembangan positif. PP bukan lagi ormas yang menakutkan dan meresahkan tetapi PP menjadi organisasi yang dibutuhkan dan diperlukan.

Pembinaan-pembinaan dan kaderisasi terus dilakukan,diantaranya Kegitan wawasan kebangsaan bersama kesbangpol untuk tingkat kepengurusan MPC,Koti Mahatidana,Srikandi dan Sapma di hotel Dewi Asri. Pembinaan kaderisasi dibawah tingkat kepengurusan MPC diantaranya dengan pertemuan bulanan yang rutin diadakan sebagai ajang silaturahmi para ketua PAC se kabupaten Tasikmalaya sebagai upaya pendalaman dan pemahaman keorganisasian untuk tingkat kepengurusan PAC, di tingkat ranting pembinaan terus dilakukan melalui PAC dengan diadakannya pertemuan-pertemuan tingkat ranting.

BACA : Jelang Pergantian Tahun Baru Pemuda Pancasila Rajapolah Lakukan Giat Baksos Bersih Bersih Tempat Pemakaman Umum

Sebagai contoh PAC PP Rajapolah dibawah kepengurusan MPC PP Kab Tasikmalaya telah melaksanakan penajaman kaderisasi tingkat pra Pratama yang di ikuti oleh 150 peserta perwakilan 10 PAC se Tasik Utara,Pendidikan Politik Ormas PP di Taraju dan Bojonggambir bersama kesbangpol,KPU,Bawaslu,Muspida. Ini bukti upaya kaderisasi dan pemahama keorganisasian menciptakan kader yang berkualitas di kabupaten Tasikmalaya.(*)

LintasMedia

PEMASANGAN IKLAN DAN ADVETORIAL

KONTAK : 0823-1893-3701

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif