News  

Jelang Ramadhan Para Guru Ngaji Dan Masyarakat Desa Cayur Kecamatan Cikatomas Adakan Acara Tapakuran dan Munggahan

Laporan : Nandang Nur Fajar

LintasMedia,Cikatomas kab. Tasikmalaya — Perkuat silaturahmi antara masyarakat dengan para ulama dan guru ngaji serta dalam rangka Munggahan menyambut bulan suci Ramadhan,Forum silaturahmi ulama dan guru ngaji kecamatan Cikatomas mengadakan acara TAPAKURAN yang dilaksanakan di Desa Cayur Kecamatan Cikatomas, Kamis (7/3/2023).


Kegiatan TAPAKURAN ini dihadiri oleh beberapa perwakilan guru ngaji di pesantren dan para ulama se kecamatan Cikatomas bersama masyarakat setempat. Acara ini bertujuan mempererat tali silaturahmi dan di isi dengan kegiatan ngaderes kita kuning serta hapalan-hapalan ayat Alquran dengan tujuan lebih memperdalam ilmu agama serta sharing ilmu dengan beberapa guru ngaji dari beberapa pesantren. Selainitu dalam kegiatan ini di gelar acara Munggahan dengan ngaliwet atau makan bersama dengan berbagai lauk,sambal dan lalapan yang menjadi ciri khas orang Sunda.

Bagi masyarakat sunda (Jawa Barat) khususnya warga Tasikmalaya tradisi Munggahan sudah tidak asing lagi. Tradisi ini merupakan bentuk rasa bahagia masyarakat sunda dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Bentuknya beragam, namun setiap daerah masih memiliki kesamaan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Yosep Saepul Falah seorang aktifis sosial dan seorang tokoh muda dari Tasik Selatan di tengah-tengah acara TAPAKURAN dan Munggahan , dalam sambutannya dia mengungkapkan bahwa acara ini merupakan kegiatan positif dalam rangka mempererat tali silaturahmi serta menjaga tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillah saya bisa hadir di tengah-tengah para ulama serta tokoh agama atas undangan panitia penyelenggara,” Ujar Yosep

“Ini merupakan ajang silaturahmi antara masyarakat dengan para tokoh agama dan juga acara munggahan ini merupakan tradisi orang sunda dalam menyambut bulan suci ramadhan.” ungkapnya.

“Dalam momentum ini tak lupa saya ngalap berkah serta doa dari para ulama untuk kebaikan bersama,terutama dalam menghadapi tahun politik yang akan segera kita hadapi bersama.” Terang Yosep.

Salah satu penggagas acara ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan untuk ajang silaturahmi dan munggahan sebagai masyarakat sunda yang identik menjunjung tinggi nilai tradisi untuk menyambut bulan suci ramadhan,agenda tersebut bukan hanya dilaksanakan 1 atau 2 kali tapi rutin di laksanakan setiap menjelang bulan Ramadhan, bertujuan disamping memperkokoh silaturahmi antar ulama, guru pengajian dan tokoh tokoh agama juga dengan masyarakat sekitar.

LintasMedia

PEMASANGAN IKLAN DAN ADVETORIAL

KONTAK : 0823-1893-3701

TOKO BAHAN BANGUNAN :

PERDAGANGAN UMUM :

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif