News  

Peringatan Nuzulul Qur’an Di Mesjid Jamie Baitul Muttaqin Di Isi Dengan Khataman Al Qur’an Oleh Jamaah Dan Masyarakat Cikapol Rajamandala

Laporan : Fajar

LintasMedia, kabupaten Tasikmalaya — Pengurus DKM Masjid Baitul Muttaqin Kp. Cikapol desa Rajamandala kecamatan Rajapolah Tasikmalaya  mengadakan peringatan Nuzulul Qur’an dan Khotmil Qur’an, Jum’at (7/4/2023).


Kegiatan dihadiri oleh dewan syuro,para sesepuh kampung,tokoh pemuda,tokoh masyarakat,kader, penggerak aktifis kampung, pengurus irmas,jamaah dan masyarakat kampung cikapol.

Acara peringatan Nuzulul Qur’an ini di isi oleh ceramah terkait sejarah Nuzulul Qur’an oleh Ajengan Enjang sesepuh sekaligus guru ngaji di Madrasah Al Fudolah di lingkungan mesjid Jamie Baitul Muttaqin.

Ketua DKM  Mesjid Jamie Baitul Muttaqin Aep Saepulloh menyampaikan.

“Alhamdulillah kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an pada tahun ini di bulan Ramadhan di malam ke-17 bisa dilaksanakan untuk pertama kalinya di ke- DKM an Baitul Muttaqin,ini tidak lepas dari peran penting jajaran pengurus serta di dukung oleh sesepuh dan tokoh-tokoh kampung,RT,RW,kader serta elemen masyarakat lainnya.” Ucap Aep saat dikonfirmasi awak media.

“Kegiatan khataman ini dilaksanakan setelah shalat tarawih,diikuti oleh masyarakat dari tiga ke RT an,terdiri dari jamaah pria,jamaah wanita dan anak-anak.” Ungkapnya.

“Khataman ini dilaksanakan oleh jamaah yang dibagi dalam beberapa kelompok,setiap kelompok membaca 10 juz yang masing-masih jamaah membaca beberapa surat dan ayat sehingga pembacaan Al-Qur’an bisa dibaca khatam secara bersama-sama.” Jelas Aep.

Dalam kesempatan yang sama,salah satu dewan syuro mesjid Jamie Baitul Muttaqin Ust. Ridwan Farid ,Z.A.,S.Ag menyampaikan apresiasi dan harapannya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh ke DKM an Baitul Muttaqin dalam pelaksanaan peringatan Nuzulul Qur’an dengan melaksanakan khataman Al Qur’an, harapannya semoga ini menjadi agenda tahunan malahan kalau bisa agenda triwulanan dengan harapan masyarakat atau jamaah lebih mencintai Al-Qur’an sebagai pedoman dan konsep hidup, karena sebagai umat muslim diharuskan bahkan diwajibkan menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.” Ungkap Farid

“Tujuan diadakannya peringatan Nuzulul Qur’an dan khataman pada tahun ini mengambil tema memakmurkan mesjid, targetnya bahwa mesjid bukan hanya sebagai tempat ritual agama saja tetapi kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat kemasyarakatan terutama penanaman nilai-nilai agama di lingkungan mesjid Jamie supaya ijul Islam wal muslimin di kampung cikapol lebih hidup dan semarak.” Pungkas Farid.

Peringatan Nuzulul Qur’an adalah peristiwa penting yang terjadi pada 610 M, saat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Malaikat Jibrīl, sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Al-Qur’an. Peristiwa ini terjadi di Gua Hira, di kaki Jabal Nur, dekat Makkah.

Nuzulul Qur’an yang diperingati sebagai peringatan turunnya ayat Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW yakni ayat 1-5 Surat Al-Alaq.

Khatam Quran merupakan tradisi yang dilakukan oleh umat islam hingga kini setiap tahun utamanya pada pertengahan bulan Ramadhan dilakukan masjid-mesjid Jami oleh umat muslim.

LintasMedia

 

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif