News  

Delapan Puskesmas Di Kabupaten Tasikmalaya Dibiarkan Tanpa Ada Yang Memimpin | Kinerja Dinkes Dipertanyakan

Laporan : Iwan Singadinata

LintasMedia, Kabupaten TASIKMALAYA – Kepala Puskesmas mempunyai tugas memimpin, mengkordinasikan ,mengarahkan,mengawasi dan mengendalikan seluruh kegiatan UPT Puskesmas.


Selain itu juga Kepala Puskesmas bertanggung jawab memimpin Puskesmas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Kepala Puskesmas menyampaikan laporan kinerja kepada Kepala Dinas mengenai hasil pelaksanaan kegiatan teknis operasional tertentu di bidang pelayanan kesehatan sesuai peraturan perundang- undangan.

Dalam Permenkes No. 43 Tahun 2019 menyebutkan bahwa Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perseorangan (UKP) tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya.

Seperti diketahui tujuan utama dari puskesmas adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar, menyeluruh, paripurna, dan terpadu bagi seluruh penduduk yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas.

Oleh karena itu, atas dasar apa dan alasannya seperti apa pemerintah daerah cq. Dinas kesehatan melalui Baperjakat tidak lagi menempatkan 8 kepala puskesmas yang telah dialih tugaskan ditempat yang baru. Kedelapan puskesmas itu adalah :

1. Puskesmas Cigalontang
2. Puskesmas Tinewati
3. Puskesmas Sukarame
4. Puskesmas Cisaruni
5. Puskesmas Sukaraja
6. Puskesmas Cibalong
7. Puskesmas Puspahiang
8. Puskesmas Parungponteng

Bilamana hal ini benar dan tidak dilakukan dengan segera atau menempatkan kepala puskesmas sebagai pengganti yang lama, sepertinya pemerintah daerah dengan sengaja melakukan Pembiaran.

Maka dari itu patut diketahui bahwa “Manajemen puskesmas sangat diperlukan dan penting dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan puskesmas untuk melaksanakan tugas dan fungsinya yaitu : mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku sehat, mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu, hidup dalam lingkungan sehat dan memiliki derajat kesehatan yang optimal.

Jelasnya agar puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik dan berkesinambungan, menghasilkan kinerja puskesmas yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuannya, maka diperlukan Manajemen Puskesmas.

Berdasarkan ketegangan Narasumber yang namanya enggan disebut,dia mengatakan sangat mengetahui sepak terjang kinerja dinas kesehatan kabupaten Tasikmalaya, ia pun mengatakan kepada awak media, Sabtu (30/3/2024).

“Bila dilihat dari luar semua warga masyarakat akan mengatakan dinkes terlihat sangat baik, bahkan mungkin hebat, padahal dilihat dari dalam sangat Amburadul alias Euneuk untuk dilihat.” Ungkapnya bernada kesal

 

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif